logo new

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

Whistleblowing System

Whistleblowing System adalah aplikasi yang disediakan oleh Pengadilan Agama Sragen bagi Anda yang memiliki informasi dan ingin melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Pengadilan Agama Sragen
Whistleblowing System
hostgator coupon code 50 off

Selamat Datang di Website Pengadilan Agama Sragen

Ketua PA Sragen Hadiri Seminar IKAHI

KETUA PA SRAGEN HADIRI SEMINAR IKAHI

DI MERCURE HOTEL ANCOL

 

 

vlLJGVjSZ1

 

Kamis, 28 April 2016, bertempat di Hotel Mercure Ancol dilaksanakan Seminar Nasional dalam rangka memperingati Hari JAdi IKAHI yang ke 63.

Seminar tersebut dihadiri oleh para hakim dari seluruh Indonesia dari 4 (empat) Lingkungan Peradilan, yaitu Peradilan Umum, Peradilan Agama, Peradilan Tata Usaha Negara dan Peradilan Militer.

Seminar IKAHI tersebut menghadirkan beberapa nara sumber, seperti  Prof. Dr. Andi Hamzah, ahli hukum pidana, Dr. Rafli Harun, ahli Tata Negara, serta Pimpinan KPK Dr. Laode Syarif dan masih banyak lagi. Acara tersebut dipndu oleh moderator ternama Najwa Sihab.

Peserta seminar Nasional dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun IKAHI yang ke 63 tersebut dari Koordinator Surakarta Wilayah Pengadilan Tinggi Agama Semarang di hadiri oleh Drs. UU Abd. Haris, MH, Ketua PA Karanganyar, Drs. Cece Rukmana Ibrahim, SH.,MH., Ketua PA Sragen, dan Drs. H. Ayep Saepul  Miftah, SH., MH Ketua PA Wonogiri. Ketiga perwakilan  tersebut dengan serius dan seksama mengikuti seminar tersebut.

IMG 20160510 151703

Seminar Nasional IKAHI tersebut mengambil tema QUO VADIS UNDANG UNDANG KPK PASCA REVISI DITUNDA, dengan kesimpulan :

1. Kedudukan KPK menurut Undang Undang Nomor 30 Tahun 2002 sesuai dengan tugasnya yaitu sebagai :

    a. Lembaga Pemberantas Tindak Pidana Korupsi

        Dalam kedudukannya sebagai pemberantas pidana korupsi, KPK memiliki fungsi Pencegahan Tipikor dengan menitik beratkan kepada mencegah sumber                 penyebab terjadinya tindak pidana sampai akarnya, sedangkan sebagai penegak hukum, KPK tundukpada Undang Undang RI 1945 pasal 24, yaitu menegkan         hukum dan keadilan.

    b. Sebagai Penegak Hukum Tindak Pidana Korupsi

        Dalam prakteknya, kedudukan KPK sebagai penegak hukum telah terkontaminasi kedudukannya sebagai pemberantas Tipikor dan menempatkan Penegak            Hukum Tipikor sebagai bagian dari kegiatan pencegahan Tipikor, sehingga citarasa penegakan hukum pidana menjadi kurang tampak dan lebih menunjukan           penegakan hukum sebagai sarana (alat atau subordinasi) kegiatan pemberantasan korupsi.

 

Diskusi tersebut berlangsung sangat hangat dan akhirnya tepat pukul 12.00 WIB acara seminar NAsional dalam rangka memperingati HUT IKAHI yang ke 63 ditutup oleh moderator Najwa Sihab.