Logo

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Pengadilan Agama Sragen

Selamat datang di situs resmi Pengadilan Agama Sragen (ꦱꦿꦒꦺꦤ꧀) . Website ini dibuat sebagai sarana untuk memberikan beragam informasi khususnya yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama
Pengadilan Agama Sragen

Pelantikan Sekretaris Mahkamah Agung RI

Selamat dan Sukses atas Dilantiknya Sekretaris Mahkamah Agung RI

Segenap Keluarga Besar Pengadilan Agama Sragen Kelas 1A Mengucapkan Selamat dan Sukses atas Dilantiknya Dr. H. Hasbi Hasan, M.H. sebagai Sekretaris Mahkamah Agung RI
Selamat dan Sukses atas Dilantiknya Sekretaris Mahkamah Agung RI

Akuntable, Solid, Responsif, Inovatif

ZONA INTEGRITAS

Predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang mana pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK & WBBM) melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.
ZONA INTEGRITAS

Lawan Kecurangan, Junjung Persatuan!

STOP GRATIFIKASI

Apabila anda melihat, mendengar atau mengalami kejadian yang menunjukkan indikasi penyalahgunaan dan penyimpangan wewenang, atau pelanggaran yang dilakukan oleh aparat Pengadilan Agama Sragen. Ajukan laporan pengaduan anda secara tertulis melalui meja informasi/pengaduan pada Pimpinan Pengadilan Agama Sragen pada hari dan jam kerja.
STOP GRATIFIKASI

Laporkan saja pada aplikasi ini! Identitas bersifat rahasia

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

DAFTAR DAN SIDANG SECARA ONLINE?

E-court

Sebuah instrumen Pengadilan sebagai bentuk terobosan baru pelayanan terhadap masyarakat dalam hal pendaftaran perkara secara online, pembayaran secara online, mengirim dokumen persidangan (jawaban, replik, duplik dan kesimpulan) dan pemanggilan secara online.
E-court

POSBAKUM

Bantuan Hukum adalah jasa hukum yang diberikan oleh Pemberi Bantuan Hukum secara Cuma-Cuma kepada Penerima Bantuan Hukum. Penerima Bantuan Hukum adalah orang atau kelompok orang miskin yang tidak dapat memenuhi hak dasar secara layak dan mandiri yang menghadapi masalah hukum
POSBAKUM

Cek Putusan Sidang? Cek Jadwal Sidang, Klik Saja!

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

Video yang berisi tentang cara penyelesaian perkara ekonomi syariah dengan acara yang sederhana
Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah
Selamat Datang Di Portal Resmi Pengadilan Agama Sragen Kelas 1A ::: PA SRAGEN ---ASRI--- :: Akuntabel :: Solid :: Responsive :: Inovatif :: Anda Memasuki Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani ::

jadwal sidang

 

 

 

 

 

 

Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

sipp

 

 

 

 

 

 

 

Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

biaya perkara

 

 

 

 

 

 

 

Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

Siwas

 

 

 

 

 

 

 

SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

 

e court

 

 

 

 

 

 

 

Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

 

 

Written by Admin on . Hits: 1334

Logo Bru PA Sragen

Sejarah Pengadilan Agama Sragen

 

Pada waktu keluarnya Keputusan Raja Belanda tanggal 19 Januari 1882 No. 24 Stbl 1882 No. 152 tentang Pembentukan Raad Agama Jawa dan Madura Pengadilan Agama Sragen sebagai Lembaga Peradilan Agama Secara formal dengan pimpinannya yang pertama bernama R. Hasan Zaenal Musthofa yang baru terbentuk pada tahun 1892. Sebelum itu pernah dikenal semenjak tahun 1870 di Sragen, Badan Peradilan Agama yang bernaung di bawah Kesultanan Kasunanan Surakarta yang susunan serta jalannya peradilan di atur dan ditentukan oleh Sultan Kasunanan Surakarta yang bertindak selaku waliyul 'amri yang melimpahkan Tauliyah atau wewenang kepada seorang Ulama sebagai Imam (Hakim) untuk di daerah Sragen.

Pada periode ini sudah barang tentu Badan Peradilan Agama yang diatur oleh Sultan Kasunanan Surakarta terbatas kekuasaannya, hanya dalam daerah Surakarta saja. Diluar daerah Surakarta sudah barang tentu ada Badan Peradilan Agama lain yang berbeda dengan Badan Peradilan Agama di bawah Kasunanan Surakarta tersebut.

Sebelum tahun 1870 pernah juga dikenal di daerah Sragen bentuk peradilan yang sangat sederhana yang umumnya disebut "TAHKIM" yaitu masa permulaan Islam memasuki daerah Sragen. Wilayah yuridiksi Pengadilan Agama Sragen meliputi 5 kawedanan, 20 Kecamatan, dan 218 Desa. Semenjak tahun 1952 Pengadilan Agama Sragen dipimpin oleh Ketua yang tidak merangkap jabatan ajung Pengulu pada Kantor Kepenghuluan Kabupaten Sragen yaitu dijabat oleh K. Asyhuri sampai tahun 1956.Pengadilan Agama Sragen pada saat itu hanya memeriksa dan mengadili perkara - perkara pelanggaran ta'lik talak, fasid nikah, fasach dan pengesahan nikah, juga memberikan fatwa dan sumpah apabila dikehendaki oleh masyarakat.

Pada periode ini Pengadilan Agama Sragen menempati gedung milik Pemerintah di jalan Andalas VIII No. 25.Setelah lahirnya Undang - Undang Perkawinan maka wewenang dari Pengadilan Agama Sragen menjadi sangat luas yang meliputi : Izin Nikah, Dispensasi nikah, Izin Poligami, Pencegahan kawin, Penolakan kawin, pengesahan nikah, pemecatan wali, penggantian wali, pencabutan kekuasaan orang tua, persetujuan talak, rujuk, kelalaian suami, fasid nikah, fasach, syiqoq, mahar,nafkah isteri, maskan, kiswah, mut'ah, hadlonah, ahli waris, mal waris, waqof, hibah, sodaqoh, baitul mal.

Berikut Ketua Pengadilan Agama Sragen mulai dari berdiri sampai dengan sekarang :

 

NO

NAMA

GOL.

PEND.

TMJ

1. R. Imamdipuro - - 1912 – 1948
2. K. Abdul Wasik Diryomulyono - - 1950 – 1957
3. K. Achmad Musanni     1958 – 1965
4. K. Ma’ruf     1965 – 1973
5. Drs. H. Suhaimi     1973 – 1985
6. Drs. H. Chaerudin Zaini, SH IV/b S1 1986 – 1998
7. Drs. Moh. Tohir IV/b S1 1998- 2001
8. H. Masdar, SH IV/c S1 2001 – 2003
9. Drs. H. Moh. Bastoni, SH IV/c S1 2003 – 2007
10. Drs. H. Muhtadi, MH IV/c S2 2007 – 2011
11. Drs. Heru Marsono, S.H., M.H IV/c S2 2011 – 2013
12. Drs. Wahyudi, SH., MH IV/c S2 2013 - 2016
13. Drs. Cece Rukmana Ibrahim, SH., MH IV/c S2 2016 - 2016
14. Drs. Suhardi, S.H. IV/c S1 2016 - 2020
15. Drs. Lanjarto, M.H. IV/c S2 2020 - sekarang

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Sragen

Jl. Dr. Sutomo No.3A Sragen 57213

Telp (0271)891080

Fax. (0271)895145

Email     : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tabayun : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

© 2018 Pengadilan Agama Sragen Kelas 1A Designed by IT Pengadilan Agama Sragen
Jalan Dr. soetomo No. 3A Kabupaten Sragen, Jawa Tengah
Telp. (0271)891080 Fax (0271)895145
e-mail : pa-sragen@pa-sragen.go.id
tabayun@pa-sragen.go.id